Langkah Memulai Bisnis Cetak Paper Bag

Paper bag banyak digunakan sebagai wadah saat berbelanja atau kemasan makanan ringan. Bagi Anda yang ingin memulai peruntungan dalam bisnis cetak paper bag, ketahui terlebih dahulu langkah di bawah ini.

  1. Memahami Proses Pembuatan Paper Bag

Untuk memulai bisnis paper bag, langkah pertama yang harus Anda kuasai adalah cara membuat paper bag. Pembuatan paper bag membutuhkan bahan seperti kertas kraft, ring logam mata ayam, lem kertas, kertas karton dan tali koor. Peralatan yang dibutuhkan adalah gunting dan alat untuk membuat lubang. Untuk perlengkapan yang lebih menunjang mungkin Anda memerlukan mesin pemotong kertas agar mempercepat kinerja.

Cara dasar membuat paper bag:

  • Sediakan selembar kertas yang telah digambar polanya.
  • Potong kertas sesuai dengan pola yang telah lebih dulu digambar.
  • Sambungkan setiap sisi pinggir dengan memakai lem.
  • Letakkan kertas karton yang lebih tebal pada bagian bawah paper bag sebagai tatakan agar lebih kokoh.
  • Buatkan lubang pada bibir tas dan pasang ring mata ayam untuk mengaitkan tali.
  • Pasang tali dan paper bag telah berhasil buat.
  1. Ciptakan Produk Paper Bag yang Bermutu

Paper bag yang berkualitas memiliki tampilan yang rapi dan juga ketahanan yang kokoh. Apabila paper bag Anda dihasilkan dari keterampilan tangan atau “hand made” harusnya lebih memperhatikan kerapiannya. Untuk menciptakan produk paper bag yang memiliki nilai estetika yang lebih, ANda dapat menggunakan peralatan sablon kertas guna mencetak gambar atau logo dari toko. Seperti halnya paper bag yang digunakan untuk kemasan makanan ringan banyak yang menampilkan tulisan ala anak muda yang menambah nilai kekiniannya sehingga makanan ringan tersebut laku di kalangan anak muda.

Ada berbagai ukuran paper bag yang dapat Anda desai sesuai dengan pesanan pelanggan. Ukurannya 36 x 26 x 14 cm, 30 x 10 x 20 cm dan beragam ukuran lainnya. Selain itu juga tersedia dalam model portrait atau landscape. Bagian paper bag yang banyak mengalami keluhan adalah mulutnya. Jadi, ada baiknya untuk lebih memperhatikan bagian-bagian tersebut agar pelanggan puas dengan hasil karya Anda.

  1. Lakukan Promosi Usaha

Setiap bisnis pastinya tidak terlepas dari proses promosi, pun demikian dengan bisnis cetak paper bag ini. Promosi dapat Anda lakukan melalui media sosial atau juga bisa dengan menjual langsung ke toko-toko. Jangan lupa untuk menawarkan kepada para pebisnis lainnya yang berada di kawasan Anda agar bersedia untuk menggunakan produk paper bag buatan Anda. Tetapkan juga harga yang kompetitif dan sesuai dengan kualitas paper bag Anda. Penetapan harga tersebut dapat menentukan hasil jual produk tersebut.

Setelah melihat langkah yang tepat untuk memulai bisnis cetak paper bag di atas, kapankah Anda akan memulainya? Semoga berhasil.

0 Comments
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

← Prev Post Back to Blog Next Post →