Tips Merawat dan Menggunakan Griddle

Griddle adalah suatu plat logam yang dapat digunakan untuk memasak makanan dengan cara menghantarkan induksi panas pada permukaannya. Umumnya makanan yang dimasak dengan griddle adalah jenis makanan yang memiliki permukaan rata dan mudah matang dalam waktu pemanasan yang singkat seperti telur, pancake, bacon, tortilla, daging steak dan lain sebagainya. Keuntungan menggunakan griddle sendiri adalah anda dapat memasak beberapa makan sekaligus apalagi jika permukaan griddle yang anda pakai lebar dan luas.

Sumber pemanasan griddle itu sendiri bermacam-macam, ada yang berasal dari kompor gas, panggangan barbeque yang dilengkapi dengan arang, atau dapat juga berasal dari listrik. Kebanyakan griddle yang digunakan di industri rumah tangga biasanya terbuat terpisah dari sumber pemanas, karena dirasa lebih praktis dipindah-pindahkan dan dibersihkan. Sedangkan di industri komersial seperti restaurant atau catering, griddle yang digunakan biasanya sudah melekat dengan sumber panasnya. Hal ini dikarenakan pada industri komersial griddle akan digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah yang lebih besar dan banyak serta tentu lebih sering digunakan dibanding industri rumah tangga. Sehingga sumber panas yang konsisten memadai pada griddle penting untuk diperhatikan disini.

Dalam menggunakan griddle anda perlu memperhatikan jenis masakan dan cara memasak yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh jika anda akan memasak daging steak, maka pilihlah permukaan griddle yang memiliki kisi-kisi kecil, hal ini akan membantu memberikan tekstur daging yang lebih empuk (juicy) serta hasil pemanggangan daging yang lebih cantik. Dimana pada daging yang dihasilkan akan terdapat garis-garis coklat dengan pola yang teratur sehingga memberikan efek yang lebih elegan. Selain jenis griddle yang digunakan, anda perlu memperhatikan cara memasak daging tersebut. Seperti pemberian minyak goreng pada permukaan daging saja dan tidak menuangkannya ke permukaan plat griddle. Selain tidak boros konsumsi minyak, minyak goreng yang dioleskan ke permukaan daging akan membuat minyak lebih meresap dengan rata pada permukaan daging.

Urutan memasak makanan juga perlu anda perhatikan. Misalnya anda akan membuat barbeque dengan berbagai makanan seperti daging, udang, kentang, paprika, timun dan lain sebagainya. Maka anda dapat mengurutkan dari jenis makanan yang tidak banyak meninggalkan residu terlebih dahulu, dalam hal ini dapat anda mulai dari memasak sayur-sayuran seperti paprika, timun brokoli dan lain sebagainya. Residu yang ditinggalkan pada plat griddle akan membuat makanan terlihat kurang segar dan memang kurang sehat, karena residu yang ditinggalkan biasanya berupa remahan hitam yang karsinogenik. Baru setelah itu anda dapat memasak kentang dan diikuti dengan daging di akhir proses memasak.

Setelah selesai digunakan anda dapat membersihkan permukaan griddle dengan sponge halus. Jika kerak bekas masakkan sulit dibersihkan maka anda perlu merendam plat griddle itu terlebih dahulu selama beberapa menit, baru anda bersihkan. Jangan sekali-kali menghilangkan bekas kerak dengan cara dipaksa atau digosok dengan sabut kawat. Karena sabut ini akan membuat permukaan teflon pada plat griddle ikut terkelupas. Hal ini akan membuat permukaan griddle mudah berkarat dan tidak awet.

0 Comments
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

← Prev Post Back to Blog Next Post →