Berita Nasional: Perubahan Tata Ruang Kota Untuk Lokasi Rawan Bencana

Berita nasional hari ini –  Rencana Tata Ruang Wilayah atau lebih dikenal RTRW untuk beberapa daerah diharapkan melakukan beberapa peninjauan baru khususnya jika dilihat dari posisi keilmuan. Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM saat melakukan wawancara dan pendataan di Jakarta. Dalam pertemuan ini beliau juga menjelaskan jika sangat penting untuk daerah yang memiliki potensi bencana melakukan perencanaan yang tepat saat melakukan pembangunan tata ruang kota. Penting juga untuk setiap daerah membuat patokan dimana daerah dianggap aman untuk membuat rumah hunian dan dimana daerah yang kurang aman untuk dibangun tempat hunian.

Selain itu, RTRW juga sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting dalam mengurangi resiko kemungkinan terjadinya bencana, dan secara khusus ini sangat berkaitan dengan mereka yang mungkin akan menjadi korban jika ini tidak sesuai dengan yang sudah diterapkan. Selain hal tersebut sebenarnya memberikan edukasi dan juga penjelasan secara terbuka mengenai peranan penting pembangunan  RTRW ini sebenarnya adalah untuk mengurangi kemungkinan resiko yang sangat mungkin terjadi jika terjadi gempa.

Bahkan masyarakat juga sangat perlu mendapatkan informasi dan edukasi yang lebih mendalam lewat berita nasional mengenai beberapa cara yang harus dilakukan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan jatuhnya jumlah korban dalam jumlah yang banyak

Tata ruang juga menjadi hal yang sangat penting dan paling penting dalam proses penyebarluasan mengenai pemberi informasi dan edukasi mengenai zona yang dianggap aman dan tidak aman untuk dijadikan hunian. Setelah mendapatkan informasi ini kemudian Badan Geologi, Bappenas, BMKG, BNPN dan pemerintah kemudian memberikan dukungan untuk melanjutkan memberikan informasi tambahan dan edukasi untuk golongan masyarakat

Kenapa harus melakukan perubahan tata ruang?

Perlunya perubahan tata ruang dan melakukan perubahan dalam tata ruang untuk kawasan rawan bencana ini  didasarkan bencana gempa dan tsunami yang baru – baru ini di dalami oleh Palu dan Donggala. Berita nasional seperti ini sebenarnya adalah salah satu peringatan untuk masyarakat Indonesia jika penataan ruang kota itu sangat penting. Khususnya untuk daerah yang memiliki potensi bencana. Untuk kasus Palu sendiri sebenarnya setelah gempa dan tsunami, proses likuifaksi  yang terjadi setelahnya adalah paling besar yang terjadi. Untuk itu, sangat diperlukan kepastian dan keamanan yang tinggi untuk melakukan relokasi dari warga yang terkena dampak bencana tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan bahaya ini akan terjadi kembali di kemudian hari.

Untuk itu, saat ini telah dibuat peta dampak dari bencana untuk palu yang mana rencananya peta ini dibuat untuk tata kota kembali dari Sulawesi Tengah dan menjadi acuan pemerintah untuk bisa melakukan proses rekonstruksi Palu dan sekitarnya. Dan berita nasional hari ini juga dikabarkan jika peta ini sangat diharapkan jika peta ini bisa sangat membantu dalam proses pembangunan kembali kota Palu sesuai dengan keadaan dilihat dari banyak aspek tujuannya untuk mengurangi resiko yang sangat mungkin terjadi.

0 Comments
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

← Prev Post Back to Blog Next Post →