Hal yang Mempengaruhi Jumlah Produksi ASI

Cara memperbanyak ASI bisa dilakukan setelah anda mengetahui hal apa saja yang penting dan mempengaruhi produksi ASI. Lalu apa saja hal tersebut agar ASI ibu berkualitas? Mari kita simak

Gizi makanan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika anda merasa jumlah ASI anda kurang banyak dibandingkan dengan kebutuhan bayi mungkin bisa dilihat dari gizi dan nutrisi makanan anda. Perhatikan makanan-makanan yang masuk dalam tubuh anda dan pastikan sesuai dengan kebutuhan anda. Cari makanan-makanan yang dapat memberikan efek melancarkan produksi ASI dan perbanyak sayur, buah dan air putih.

Emosi

Selain gizi makanan, hal lain yang perlu diperhatikan lainnya adalah mengenai emosi. Seorang ibu yang hamil dan menyusui biasanya memiliki emosi yang tidak stabil. Mudah merasa sedih dan juga depresi. Namun bukan berarti hal ini boleh untuk dilakukan. Rasa sedih dan depresi sedikit banyak akan memberikan pengaruh pada kesehatan bayi pada saat di kandungan dan produksi ASI anda pada saat menyusui anak. Jadi pastikan anda mempertahankan mood bahagia pada saat menyusui karena rasa bahagia pada masa menyusui akan membantu anda untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Kondisi bayi

Selain dari pihak ibu, ternyata kondisi bayi juga sangat berpengaruh dan perlu diperhatikan dalam cara memperbanyak ASI. Salah satu kondisi bayi yang perlu diperhatikan adalah kondisi pada saat ia menyusu. Pastikan posisi mulutnya benar sehingga rangsangan produksi ASI dapat makin lancar. Selain itu perhatikan juga sisi kesabaran bayi. Ketika produksi susu anda belum banyak berikan tambahan susu formula atau mungkin ibu ASI dari saudara anda yang mungkin dapat menambah jumlah ASI anda. Hal ini akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan sehingga bayi tidak merasa kesal karena kehausan.

Gaya hidup

Selain hal-hal khusus seperti yang disebutkan diatas, memperhatikan hanya hidup juga sangat penting sebagai cara memperbanyak ASI. Pastikan anda mempraktekkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, minum minuman beralkohol atau mengkonsumsi obat-obatan selain suplemen penambah ASI. Jika tidak mungkin ASI anda akan berhenti atau air susu anda dapat mempengaruhi bayi.

0 Comments
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

← Prev Post Back to Blog Next Post →